PELATIHAN MANAJEMEN KEHUMASAN (Pengelola Media Sosial Bagi Petugas Kehumasan)

Bogor , (27/05/2019)- Bertempat di Komplek Tirta, Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimipinan Pertanian (PPMKP) menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Kehumasan. Pelatihan yang dilaksanakan dari tanggal 20 – 24 Mei 2019 ini diperuntukan bagi para Pengelola Media Sosial bagi Petugas Kehumasan Lingkup Kementerian Pertanian dengan durasi pelatihan selama kurang lebih 40 jam pelatihan. Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat menjalankan fungsinya dan mengelola media sosial secara berkualitas, komunikatif dan aspiratif.
Materi pelatihan yang diberikan terdiri dari Materi Dasar, Penunjang dan Inti.
Materi Dasar :

-Kebijakan dan Program Pembangunan Pertanian, Oleh : Ka PPMKP

-Startegi Kehumasan di Era Digitalisasi, Oleh : Ka. Biro Kehumasan


Materi Inti :

-Teori Komunikasi Kehumasan, Oleh : Budi Riyanto

-Jenis dan Karateristik Media Sosial, Oleh : Irfan Arifdarma

-Interaksi di Media Sosial, Oleh : Kemenkominfo (Indonesia Baik)

-Produksi Media Sosial, Oleh : Kemenkominfo (Indonesia Baik)

-Monitoring dan Analisis Efektifitas Penggunaan Media Sosial Untuk Kehumasan, Oleh : Kemenkominfo (Indonesia Baik)


Materi Penunjang :

-Rencana Tindak Lanjut (RTL), Oleh : Irfan Arifdarma

-Pre Test dan Post Test, Oleh : PPMKP

Pelatihan Kehumasan Pengelola Media Sosial


Pada sesi materi dijelaskan juga bagaimana kita dapat melihat dan memonitoring sejauh mana konten informasi yang diposting melalui media sosial cukup berhasil atau tidak, ini dapat dilihat menggunakan tools sala satu nya Insight Facebook. Juga dijelaskan bagaiamana kita dapat mengetahui issu apa yang sedang tren di dunia maya melalui Google Trend dan Similarweb.


Selain penyampaian materi melalui presentasi, pelatihan juga diberikan dengan memberikan tugas latihan dengan belajar membuat konten media sosial berupa Infografis, Meme dan Video.


Salah satu fungsi utama yang diharapkan dari media sosial pemerintah adalah tersampaikannya narasi tunggal dan data pendukung lainnya terkait dengan kebijakan dan program pemerintah kepada publik. Hal ini tentunya untuk menyamakan pemahaman para pemangku kepentingan dalam berkomunikasi dengan publiknya.


Pada akhir penutupan kegiatan, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan Drs. Lebu, MM menyampaikan bahwa media sosial menjadi salah satu keberhasilan diseminasi informasi kinerja pemerintah. “Pengelola Media Sosial Petugas Kehumasan mempunyai peran penting untuk mempublikasikan informasi yang layak dan bertanggung jawab atas apa yang diinformasikannya” Ujarnya.


Dengan meningkatnya keterampilan dan pemahaman pengelola media social dapat mampu menangkal isu isu hoax yang terus menjamur seiring dengan semakin berkembangnya media social itu sendiri (why)*