Apresiasi Kerja Sama Dit Jen PKH – FAO ECTAD Indonesia, Kepala BBPMSOH Menerima Penghargaan.

Jakarta (12/09/2019), Bertempat di Grand Kemang Hotel, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan bersama Food And Agriculture Organization Of The United Nations (FAO) dan USAID menyelenggarakan acara Apresiasi Kerjasama (Indonesia – FAO – USAID) dalam mendukung pencegahan dan pengendalian Ancaman Pandemi Global (EPT-2).

Selama periode 5 tahun, FAO ECTAD Indonesia telah bekerjasama dengan Direktoral Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan beserta pemangku kepentingan terkait pada program pencegahan dan pengendalian ancaman pandemi penyakit infeksi baru. Sejumlah pencapaian telah dihasilkan dari program tersebut. Kerjasama ini telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam kerangka program Emergencing Pandemic Threats 2 (EPT-2) untuk mendukung Indonesia bersiap siaga menghadapi penyakit penyakit menular baru dan yang akan muncul kembali dengan pendekatan One Health. Ada enam prioritas dalam program EPT-2 diantaranya sistem surveilans yang kompeten untuk zoonosis dan penyakit menular baru muncul (PIB), pencegahan dan pengendalian penyakit zoonosis dan PIB dengan focus one helath, pengurangan risiko pada peternakan unggas dan komersial, pengurangan risiko disepanjang rantai nilai ungags, pembangunan kapasitas one health dan peningkatan sistem kesiapsiagaan darurat dan respon untuk zoonosis dan penyakit menular baru muncul (PIB).

Hadir pada acara tersebut Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Direktur Kesehatan Hewan, Ketua Tim FAO ECTAD, Kepala Perwakilan FAO Indonesia, Deputi Direktur Misi USAID, Pejabat Pemerintah Daerah (Provinsi & Kabupaten) dan Para Pejabat Eselon Kementerian serta beberapa mitra kerjasama.

Dalam sambutan pembukaannya, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan DR. drh. I Ketut Diarmita, MP meyampaikan capaian capaian hasil dari kerjasama ini dan berharap agar semua capaian tersebut dapat mendukung penguatan layanan kesehatan hewan yang pada akhirnya mendukung kesehatan manusia.

Dalam acara ini diberikan beberapa penghargaan bagi pihak pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam program tersebut. Kepala BBPMSOH, drh. Sri Mukartini, M.App, Sc beserta kepala UPT lainnya menerima penghargaan sebagai apresiasi terhadap partisipasi dan dukungan UPT Kementerian Pertanian terhadap program pencegahan dan pengendalian penyakit hewan.

Stephen Rudgard, Wakil FAO Indonesia menyatakan bahwa Indonesia adalah contoh sukses dalam upaya pencegahan, pendeteksian, dan penanganan ancaman zoonosis global dengan menginisiasi dan melembagakan kerjasama lintas sektoral melalui pendekatan One Health.