CEGAH PENULARAN RABIES , BBPMSOH ON ACTION

Gunungsindur,- Dalam rangka memperingati Hari Rabies Day (World Rabies Day) yang diperingati pada tanggal 28 September 2019, BBPMSOH menggelar kegiatan Vaksinasi Rabies secara gratis. Acara dilaksanakan di BBBPMSOH dengan mengundang masyarakat umum untuk dapat membawa hewan peliharannya seperti anjing, kucing ataupun musang ke BBPMSOH untuk mendapatkan vaksinasi rabies secara gratis. Vaksinasi dilaksanakan pada tanggal 26- 28 September 2019.

Antusias masyarakat sangat tinggi terhadap kegiatan ini. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya masyarakat yang membawa hewan peliharaan ataupun hewan kesayangannya ke BBPMSOH. Selain melakukan gelaran vaksinasi rabies gartis di kantor, BBPMSOH juga melakukan aksi On The Spot, dimana para petugas vaksinasi yang terdiri dari para Dokter Hewan dan Paramedis “menjemput bola” mendatangi masyarakat langsung ke lokasi di perumahan ataupun kampung kampung.
Rabies, atau yang juga dikenal dengan sebutan penyakit anjing gila, adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus rabies. Seseorang dapat terkena penyakit ini apabila tergigit oleh binatang yang terinfeksi virus tersebut. Umumnya, virus rabies ditemukan di hewan liar. Beberapa hewan liar yang menyebarkan virus tersebut adalah rakun, kelelawar, dan rubah. Namun, di beberapa negara, masih banyak binatang peliharaan yang membawa virus tersebut, termasuk kucing dan anjing.

Bila seseorang yang terserang virus ini mulai mengalami berbagai gejala, kemungkinan telah terjadi kerusakan pada sistem saraf pusat dan otaknya. Kondisi ini dapat berakibat fatal, bahkan tidak jarang berujung pada kematian.
Lalu apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat membantu mencegah rabies? . Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit ini dengan melakukan langkah-langkah :

  1. Berikan vaksinasi pada hewan peliharaan anda (dianjurkan setiap tahun)
  2. Jaga binatang peliharaan Anda dari lingkungan luar
  3. Laporkan keberadaan hewan liar ke pihak berwajib
  4. Lakukan vaksinasi sebelum bepergian ke luar negeri

Masyarakat pada umumnya sangat senang sekali akan kegiatan yang dilakukan BBPMSOH banyak dari warga yang berada diluar lokasi BBPMSOH menanyakan apakah kami boleh membawa hewan peliharaanya ke BBPMSOH. Banyak beberapa desa yang dikunjungi oleh para petugas sehingga para petugas seringkali kehabisan vaksin sehingga harus bolak balik untuk mengambil vaksin yang masih tersedia. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapakan masyarakat dapat terbantu sekaligus dapat mencegah penularan rabies disekitar wilayah Gunungsindur.