Tingkatkan Inovasi Pelayanan, BBPMSOH Luncurkan Aplikasi SIHAPSOH & SIMOHI

Tangerang Selatan (12/11/2019). Memasuki Era Teknologi Industri 4.0 yang dibarengi dengan tuntutan inovasi pelayanan publik, hal tersebut menjadi salah satu faktor Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan (BBPMSOH) terus melakukan peningkatan pelayanan pengujian mutu dan sertifikasi obat hewan. Industri Obat Hewan yang terus meningkat dari waktu ke waktu juga harus diimbangi dengan mutu obat hewan yang beredar. BBPMSOH sebagai Unit Pelaksana Teknis yang mempunyai tugas fungsi melakukan pengujian mutu dan sertifikasi obat hewan (Permentan No 53 Tahun 2013) mempunyai tanggung jawab yang besar atas kualitas / mutu obat hewan yang diuji.

Sebelumnya BBPMSOH telah melakukan pelayanan pendaftaran pengujian mutu dan sertifikasi obat hewan melalui e-sampel. BBPMSOH terus melakukan inovasi pelayanan dengan mengembangkan aplikasi web base dan android. Pada tanggal 10 Desember 2019 bertempat di Grand Zurri BSD, BBPMSOH meluncurkan Aplikasi SIHAPSOH & SIMOHI. SIHAPSOH adalah Sistem Informasi Hasil Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan sedangkan SIMOHI adalah Sistem Informasi Monitoring Mutu Obat Hewan Indonesia. Kedua aplikasi ini diluncurkan bertujuan untuk semakin memudahkan masyarakat dalam hal ini perusahaan obat hewan dan Dinas Kabupaten / Provinsi dalam mengajukan permohonan pengujian mutu dan sertifikasi obat hewan dan juga dapat mengetahui tahapan proses serta lama pengujian yang akan dilalui.

Peluncuran SIHAPSOH dan SIMOHI ini mengundang para pelaku usaha obat hewan dalam hal ini adalah Perusahaan Obat Hewan, Asosiasi Obat Hewan (ASOHI) dan Dinas Peternakan Kabupaten / Provinsi yang membidangi obat hewan. Kegiatan Launching dan Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Direktur Kesehatan Hewan, drh. Fajar Sumping Tjatur Rasa, Ph.D, dalam sambutan pembukaannya meyampaikan, kita harus memanfaatkan teknologi informasi untuk peningkatan pelayanan mutu obat hewan dan juga setiap UPT dapat mengutamakan percepatan dan ketepatan pelayanan, sehingga target dapat dicapai, selain itu transparasi dan penghematan waktu perlu ditingkatkan agar dapat memenuhi harapan masyarakat. Sejalan dengan Direktur Kesehatan Hewan, Kepala BBPMSOH, drh. Sri Mukartini, M.App, Sc juga menyampaikan hal hal apa saja yang telah dilakukan oleh BBPMSOH untuk meningkatkan pelayanan pengujian dan sertifikasi obat hewan yang dituangkan dalam presentasi “Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pengujian dan Sertifikasi Obat Hewan”.

Beberapa tujuan dari peluncuran dan sosialisasi SIHAPSOH dan SIMOHI ini adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan publik dengan indikator peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat, peningkatan kinerja organisasi dengan indikator Indeks Kinerja Organisasi, Terjaminnya mutu obat hewan yang beredar dan meningkatkan daya saing produk denagn indikator meningkatnya ekspor obat hewan, hal ini diungkapkan oleh drh. Cynthia Devy Irawati, M.M dalam paparan presentasinya. Beberapa fitur utama yang dapat digunakan oleh pelanggan adalah :

  1. Permohonan Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan secara online
  2. Informasi Biaya Pengujian Sampel dan Kode Billing Tagihan
  3. Informasi Lama Pengujian
  4. Informasi Hasil Pengujian
  5. Notifikasi tahapan proses pengujian memalui email dan aplikasi android

Selain SIHAPSOH, BBPMSOH juga meluncurkan Aplikasi SIMOHI yang berguna untuk melihat profil mutu obat hewan yang beredar di Indonesia. Aplikasi ini digunakan selain untuk monitoring oleh BBPMSOH juga dapat digunakan oleh Dinas Peternakan Kabupaten / Provinsi dan juga oleh para pemangku pengambil kebijakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. Dengan diluncurkannya aplikasi SIHAPSOH & SIMOHI ini semoga dapat meningkatkan pelayanan kepada masayarakat yang berdampak pada peningkatan kepuasan masyarakat terhadap BBPMSOH (why)