BBPMSOH Gelar Vaksinasi Rabies Gratis Dalam Rangka Peringatan Hari Rabies Sedunia

Bogor- Rabies atau penyakit anjing gila adalah penyakit berbahaya yang dapat menular melalui saliva hewan (anjing, kucing, kera) yang terkena rabies dengan jalan gigitan atau melalui luka terbuka yang dapat mengakibatkan kematian karena menyerang susunan saraf pusat hewan dan manusia dan termasuk penyakit menular dari hewan ke manusia (zoonosis). Rabies masih menjadi ancaman, oleh sebab itu, World Health Organitazion (WHO) mencanangkan Dunia Bebas Rabies tahun 2030.

Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia, Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan (BBPMSOH) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis di bawah Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dit Jen PKH) Kementerian Pertanian, melakukan kegiatan vaksinasi Rabies untuk Hewan Kesayangan (Anjing, Kucing, Monyet, Musang dan Berang-berang) dengan mengunjungi shelter/penampungan hewan serta rumah-rumah warga di Kabupaten Bogor dan Tangerang Selatan di mulai sejak tanggal 21  sampai dengan tanggal 25 September 2021. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan selain juga untuk memperingati Hari Rabies Sedunia. Puncak Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) yang jatuh pada tanggal 28 September 2021, dilakukan vaksinasi rabies gratis di kantor BBPMSOH  yang di ikuti oleh masyarakat umum sekitar yang telah mendaftarkan hewan kesayanganya.

Acara puncak Hari Rabies ke-2 di BBPMSOH pada tanggal 08 Oktober 2021 dihadiri oleh perwakilan dari dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor yaitu Ibu drh. Prihatini Mulyawati, M.M. dan drh. Siti Nariyatun Nasikhah sekaligus kegiatan zoom meeting dengan Menteri Pertanian RI Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.MH. dengan topik Puncak Hari Rabies Sedunia. SYL menyampaikan secara daring mengenai pentingnya pengendalian penyakit rabies melalui program vaksinasi pemerintah. “Hari ini, kita satukan tekad Bersama untuk berantas rabies dengan program Pemberantasan Rabies secara bertahap di seluruh Indonesia tahun 2030 atau Prestas Indonesia 2030,” Tegasnya melalui zoom meeting.

BBPMSOH juga mengadakan Webinar untuk umum dengan tema “Optimalisasi Vaksinasi Rabies Untuk Indonesia Bebas Rabies” pada tanggal 22 September 2021. Di dalam webinar ini dihadirkan beberapa narasumber yaitu Sekretaris Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh. Makmun, M.Sc, drh. Fajar Sumping Catur Rasa, PhD yang mewakili Direktur Kesehatan Hewan, drh. Maidaswar, M.Si (Kepala Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat hewan), Dr. drh. Muhammad Munawaroh, M.M (Ketua PBPDHI) dan drh. I Made Candra (Kabid.Keswan dan Kesmavet Provinsi Bali). Webinar bertujuan untuk menyadarkan masyarakat khususnya pemilik hewan kesayangan tentang pentingnya melakukan vaksinasi rabies sekaligus sosialisai mengenai komitmen pemerintah dalam membantu mengoptimalkan program vaksinasi rabies di Indonesia.

Kegiatan Vaksinasi Rebies dilakukan oleh Tim BBPMSOH yang terdiri dari Medik Veteriner selaku Dokter Hewan, paramedik veteriner sebagai asisten dokter hewan, dan tim admin sebagai tim administrasi kartu vaksinasi. Vaksin Rabies yang diberikan adalah vaksin Nobivac yang merupakan bantuan dari OIE untuk Ditjen PKH Kementerian Pertanian. Kegiatan vaksinasi dilakukan di sekitar Kecamatan Gunungsindur, Kabupaten Bogor dan di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan.

Adapun rincian kegiatan Vaksinasi Rabies yaitu:

  1. Selasa, 21 September 2021 di Rumah Kucing Pabuaran : 73 ekor kucing dan dalam kawasan pergudangan Sigma Kartika Cimangir: 37 ekor kucing.
  2. Rabu, 22 September 2021 di Perumahan Griya Cendikia dengan total hewan tervaksinasi 45 ekor dengan rincian Anjing 9 ekor dan kucing 36 ekor.
  3. Kamis, 23 September 2021 di Perumahan Griya Cimangir dengan total hewan tervaksinasi 32 ekor yang terdiri dari anjing 4 ekor; kucing 28 ekor; dan Shelter Bunut Gunungsindur milik Ibu Santi: anjing 12 ekor;
  4. Jumat, 24 September 2021 di Perumahan Blossom dengan total hewan tervaksinasi sebanyak 24 ekor yang terdiri dari 2 anjing dan 22 kucing; dan di Shelter Rainbow Santuary Indonesia sebanyak 105 anjing.
  5. Sabtu, 25 September 2021 di BSD Sektor XII Kecana Loka yang terdiri dari 4 ekor anjing dan 11 ekor kucing dan di Pura Parahiyangan BSD Anjing yang terdiri dari anjing 35 ekor anjing dan 25 ekor kucing.
  6. Selasa, 28 September 2021 di BBPMSOH dengan tetap melaksanakan protocol covid-19 total hewan tervaksinasi 103 ekor dengan rincian Anjing 82 ekor dan kera 2 ekor.
  7. Kamis, 30 September 2021 di Cibadung  anjing sebanyak 2 ekor.
  8. Jumat, 08 Oktober 2021 dengan total hewan tervaksinasi 28 ekor dengan rincian kucing 26 ekor, musang 1 ekor dan berang-berang.

Ke depannya BBPMSOH akan berkolaborasi dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor untuk menyelenggarakan kegiatan vaksinasi Rabies dengan skala wilayah vaksinasi yang lebih luas, agar makin banyak masyarakat yang terbantu dalam melakukan vaksinasi rabies hewan kesayangannya. Diharapkan juga kesadaran masyarakat akan pentingnya melakukan vaksinasi rabies pada hewan kesayangannya karena dengan melakukan vaksinasi rabies, resiko penularan penyakit antar hewan atau dari hewan ke manusia dapat dicegah sehingga pemilik dapat bebas bermain tanpa ada rasa takut.

Reportase : Fidayati Ulfah, Anggi Kartika Sari, Yanti Heryanti, Anna Miftahul Jannah.