KUNJUNGAN SISWA PENDIDIKAN BINTARA (ZENI NUBIKA) KE BBPMSOH

Rabu tanggal 23 Maret 2022, Siswa Pendidikan Bintara (Dikba) yang melaksanakan praktik pelatihan di Zeni Nubika TNI-AD mengunjungi BBPMSOH. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Tim dari Zeni Nubika TNI-AD disambut oleh Kepala BBPMSOH Bapak drh. Maidaswar, M.Si dan jajarannya. Kepala Balai Besar menyampaikan tentang latar belakang, tugas dan peran strategis BBPMSOH, diantaranya, BBPMSOH merupakan satu-satunya Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan yang mempunyai tugas untuk melakukan pengujian, sertifikasi, pengkajian dan pemantauan mutu obat hewan.

Dalam melakukan kegiatan pemantauan mutu obat hewan di lapangan baik ke pabrik, distributor/importir, toko obat hewan/poultry shop, BBPMSOH memastikan bahwa obat hewan yang beredar bermutu baik dengan dilakukannya pengujian di laboratorium.

Selanjutnya sambutan dari Pembina Dikba oleh Sersan Puji, beliau menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan ini adalah untuk menambah informasi dan wawasan terkait penanganan senjata biologi. Tidak pula setiap peserta diklat dari Dikba TNI-AD memperkenalkan diri.

Setelah itu dilanjutkan pemaparan materi oleh apt. Muhammad Zahid, S.Si., M.Sc. yang berjudul Implementasi Biosafety dan Biosecurity Best Practice dan Manajemen Bahan Kimia di BBPMSOH. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke laborotorium yang terdiri dari laboratorium Bakteriologi, Virologi, Farmasetik dan Premiks, serta fasilitas Hewan Percobaan dan Limbah dan BSL-3/ABSL-4.

Dalam kunjungan ke laboratorium dan fasilitas teknis lainnya, siswa Dikba memdapatkan informasi bagaimana setiap unit teknis yang ada di BBPMSOH menerapkan biosafety dan biosecurity untuk melindungi setiap personil, lingkungan sekitar terbebas dari cemaran bahan biologic dan kimia berrbahaya, dan menjamin keamanan agen biologik dari pencurian dan penyalahgunaan baik dari pihak internal maupun eksternal Balai.

Kegiatan ini hanya merupakan kunjungan, namun kedua belah pihak berharap akan ada pertemuan selanjutnya guna mendalami materi dan kerjasama. Sehingga dapat bermafaat bagi BBPMSOH dan Tim Dikba Zeni Nubika khususnya dan masyarakat pada umumnya.