RAPAT KOORDINASI PELAPORAN UPSUS SIWAB DAN REFRESHER BIMTEK ISIKHNAS BAGI PETUGAS INSEMINATOR PROVINSI LAMPUNG

 

Rapat Koordinasi Pelaporan UPSUS SIWAB wilayah Provinsi Lampung dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2017  di Bandar Lampung. Kegiatan ini dihadiri oleh 47 petugas inseminator dan 10 orang dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Propinsi lampung dan BBPMSOH. Pertugas inseminator berasal dari Dinas Pertanian Lampung Selatan, Dinas Pertanian kabupaten Pesawaran, PT Juang Jaya, PT GGLC, PT. Austasia Lampung timur, BIBD Lampung, Dinas Peternakan Tulang Bawang Barat, Dinas  Pertanian Pesisir Barat, Dinas Pertanian Lampung Tengah, Dinas Peternakan Bandar Lampung, Dinas Pertanian Tanggamus, Dinas Pertanian Way kanan, dan Dinas Pertanian Lampung Barat.

Rapat dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan (BBPMSOH) selaku Ketua Tim Supervisi UPSUS SIWAB Provinsi Lampung setelah penyampaian perkembangan pelaporan UPSUS SIWAB melalui ISIKHNAS di Provinsi Lampung. Sambutan selamat datang oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung agar tetap semangat untuk menyukseskan program SIWAB dalam rangka  swasembada daging tahun 2025.

Narasumber Refresher Bimtek iSIKHNAS bagi Petugas Inseminator terdiri dari 2 orang yaitu Drh Mulyani selaku Koordinator ISIKHNAS Provinsi Lampung dan Drh. Tri Guntoro, M.P. dari Balai Veteriner Lampung. Materi yang disampaikan berupa modul identifikasi ternak, modul IB, disertai dengan  latihan/praktek modul identifikasi ternak dan modul IB. Mobile App dan praktek mobile App. Narasumber juga menyampaikan troubleshooting tentang permasalahan yang sering dihadapi oleh para inseminator. Para inseminator mengemukakan kendala-kendala yang terjadi di lapangan yang perlu ditindaklanjuti agar kegiatan UPSUS SIWAB dapat berjalan dengan baik.