KONTES TERNAK & PANEN PEDET

Sidoarjo – Pada tanggal 26-28 Oktober 2018, Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Kontes Ternak dan Panen Pedet. Acara yang dilaksanakan di Puspo Agro Sidoarjo ini menampilkan Pameran Hasil Peternakan dan Alat Pertanian diantaranya : Kontes Ternak, Panen Pedet, Kawin Suntik Masal, Pameran Sapi Hasil Suntik, Pameran Sapi Berbobot Badan Besar (Ekstrim) lebih dari 1 ton, Sapi dengan perototan Besar “Belgian Blue” dan Pameran Sarana dan Prasarana Pembangunan Peternakan. Acara yang dihadiri oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan ini diikuti oleh para peserta dari Dinas Provinsi, UPT Kementerian Pertanian dan beberapa Stake Holder dibidang Pertanian dan Peternakan.

Dalam sambutan pembukaan acara, I Ketut Diarmita (Dir Jen PKH) menyampaikan rasa syukur dan bangganya terhadap keberhasilan program Upsus Siwab yang telah dapat meningkatkan angka populasi hewan ternak sapi dan Jawa Timur menjadi penghasil lumbung peternakan nasional. Sejak pelaksanaan Upsus SIWAB tahun 2017 hingga saat ini Oktober 2018 sudah lahir 2.325.977 ekor dari indukan sapi milik peternak. Dalam 6 bulan kedepan, diprediksi akan bertambah lagi dan akan mencapai kurang lebih 3,5 juta ekor lebih, dengan prediksi berdasarkan catatan saat ini yang lahir dan masih ada banyak sapi yang bunting.

Gambar 1.  Kunjungan Dir Jen PKH ke Stand BBPMSOH & PUSVETMA 

Gambar 2. Pemberian Penghargaan dan Piala kepada Stand BBPMSOH & PUSVETMA Sebagai Juara 2

BBPMSOH sebagai Unit Pelaksana Teknis dibawah Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan yang membidangi mutu obat hewan juga ikut berpartisipasi dalam Acara Kontes Ternak & Panen Pedet ini. BBPMSOH dengan tugas dan fungsinya dalam menjaga mutu obat hewan sangat berperan dalam mengupayakan pemerintah menghasilkan hewan hewan ternak yang sehat. Pada acara ini BBPMSOH bersama PUSVETMA (Pusat Veteriner Farma) hadir memberikan layanan informasi kepada para masyarakat melalui media Poster, Leaflet, Bulletin, Video Profil, Informasi Digital, Alat laboratorium dan Alat Peraga serta tidak lupa memberikan souvenir cantik bagi para pengunjung Stand BBPMSOH & PUSVETMA. Pada kesempatan ini hadir pula mengunjungi Stand diantaranya Direktur Jenderal Peternakan & Kesehatan Hewan, Direktur Kesehatan Hewan dan para pejabat pimpinan struktural lainnya.

Acara puncak Kontes Peternakan dan Panen Pedet ini juga dihadiri oleh Menteri Pertanian Andi Amran dan beberapa Pimpinan Dinas dan Daerah di wilayah Jawa Timur. Dalam sambutannya Menteri Pertanian menyampaikan bahwa pemerintah telah melakukan capaian yang sangat membanggakan diantaranya : Mampu mengekspor domba ke Malaysia, Ekspor Obat Hewan ke 82 Negara, Ekspor telur ayam ke beberapa negara dan Jepang, Keberhasilan Program Upsus Siwab , Swasembada Protein dan Kelahiran Pedet Sapi 1,3 Juta / tahun. Semoga dengan capaian ini dapat mendukung dalam rangka mewujudkan Indonesia Menjadi Lumbung pangan Dunia. (wahyu)

#Saatnya Peternak Berjaya
#Menuju Lumbung Pangan Dunia