Tingkatkan Nilai Budaya Kerja Pegawai, BBPMSOH Gelar Kegiatan Pembinaan Budaya Kerja

Bogor,(13/10/2019),- Sebagaimana yang telah diketahui bahwa pemerintah sangat peduli dalam mewujudkan terciptanya Reformasi Birokrasi, maka hal tersebut tidaklah mungkin dapat dipisahkan dengan penerapan pengembangan budaya Kerja bagi Aparatur Sipil Negara. Pada Peraturan Presiden No 81 Tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, mengamanatkan salah satu area perubahan yang menjadi tujuan Reformasi Birokrasi adalah Pola Pikir dan Budaya Kerja.

Lalu apa yang dimaksud dengan budaya kerja ?. Didalam Lampiran Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia No 20/Permentan/OT.140/4/2015 Tentang Pedoman Nilai Budaya Kerja Bagi Pegawai Kementerian Pertanian disebutkan bahwa pengertian budaya kerja adalah sikap dan perilaku individu dan kelompok aparatur negara yang didasari atas nilai nilai yang dimiliki, diyakini kebenarannya dan telah menjadi sifat serta kebiasaan dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya sehari hari.

Dalam rangka meningkatkan dan memotivasi nilai nilai budaya kerja bagi para pegawai, maka BBPMSOH menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Budaya Kerja yang dilaksanakan di Malang pada tanggal 10-13 Oktober 2019. Seluruh pegawai yang turut serta dalam kegiatan tersebut sangat antusias dan termotivasi sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Didalam kegiatan tersebut para peserta diajarkan tentang nilai-nliai kejujuran, kekompakan, loyalitas dan kebersamaan. Selain itu para peserta juga ditantang untuk dapat bekerja sama dan bertangggung jawab terhadap tugas dan pekerjaan yang telah diberikan oleh pimpinan serta berani dalam mempresentasikan ide dan gagasan serta penyelesaian masalah yang dihadapi dalam menjalankan tugas.

drh. Sri Mukartini, M.App, Sc selaku Kepala BBPMSOH dalam sambutannya memberikan arahan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkuat kekompakkan serta komitmen untuk meningkatkan kinerja. Beberapa komponen yang menjadi kesuksesan penerapan budaya kerja adalah : Personal Skill, Interpersonal Skill, Dinamika Kelompok, Leadership dan Intervensi Sistem Untuk Mencapai Tujuan Bersama.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan mampu untuk memotivasi para pegawai untuk selalu menerapkan nilai nilai budaya kerja KKPID Kementerian Pertanian yang terdiri dari :

  1. Komitmen
  2. Keteladanan
  3. Professioanlisme
  4. Integritas
  5. Disiplin

Sehingga dapat pula meningkatkan kinerja pegawai untuk terciptanya peningkatan pelayanan prima bagi masyarakat.