Dari Zona Nyaman Menuju Zona Kompetitif

Pada hari selasa tanggal 27 Oktober 2020, Kepala BBPMSOH, drh. Maidaswar, M.Si menrima kunjungan Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian (Biro OK) Kementerian Pertanian dan (Plt) Sektretaris Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan (Sek Dit PKH) bersama para Pejabat Struktural Eselon III dan IV, Penyelia dan Tim Pengembangan dan Inovasi BBPMSOH bertempat di ruang seminar.

Dalam kunjungannya Kepala Biro OK memaparkan presentasi terkait Arah Kebijakan Pengembangan SDM Kementerian Pertanian. Acara dibuka oleh Kepala BBPMSOH, dalam pembukaan sambutannya Maidaswar menyampaikan arah pengembangan dan inovasi BBPMSOH yang mencakup 5 M, yaitu : Man, Money, Material, Methode dan Market. Selain itu beliau ingin agar BBPMSOH dapat berlari lebih cepat kerena industri obat hewan semakin maju.

Pada kesempatan itu pula Plt Sek Dit PKH, drh. Makmun, M.Sc menyampaikan arahan agar setiap Satuan Kerja (Sat Ker) dapat mengoptimalkan sumber daya manusia yang dimiliki. Memberi ruang bagi pegawai untuk berekspresi agar dapat lebih berkembang. “Tidak boleh lagi ada SDM yang tidak diberdayakan” ujar Makmun.

Hard Skill dan soft Skill harus dikembangkan secara bersama. Diharapkan setiap Sat Ker atau UPT mampu membuat Grand Design 5-10 tahun kedepan begitupun dengan metodenya. Perubahan harus dilakukan dengan cepat dan peningkatan kompetensi harus menjadi pekerjaan utama kita.

Ka Biro OK berdiskusi dengan pegawai BBPMSOH

Di dalam Peraturan Presiden No 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, bahwa dalam rangka mempercepat tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik, maka dipandang perlu melakukan reformasi birokrasi di seluruh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah. Senada dengan itu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menerbitkan Peraturan Menteri PANRB No. 28/2019 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional. Regulasi itu menjadi dasar langkah strategis pemerintah untuk menciptakan birokrasi yang lebih dinamis dan profesional sebagai upaya akselerasi layanan publik.

Pada acara ini Kepala Biro OK Kementerian Pertanian, Drs. Zulkifli, MM menyempatkan berdiskusi dengan para pimpinan struktural eselon dan para pegawai BBPMSOH yang hadir. Beliau juga menyampaikan pemaparannya terkait penyederhanaan birokrasi pada lingkup Kementerian Pertanian. Ka Biro berharap bahwa penyederhanaan birokrasi di lingkup Kementerian Pertanian dapat berjalan dengan baik, sehingga kita tidak terasa bahwa kita telah “mendarat’ dengan nyaman.

Beliau juga bertanya langsung kepada para pegawai apa yang menjadi kendala dana apa yang diharapkan pada penyederhanaan birokrasi ini, agar semua pegawai terutama struktural dapat mengetahui jabatan fungsionalnya nanti, bila penyederhanan ini telah benar benar diterapkan. “ Dengan penyederhanaan birokrasi ini, kita sedang bertranformasi dari zona nyaman menuju zona kompetitif “ pungkas Zulkifli. (WHY)