Workshop SPI Lingkup BBPMSOH

Tangerang, (19/11/2020) – Berangkat dari keinginan untuk terus meningkatkan kualitas penerapan Sistem Pengendalian Intern (SPI) di lingkungan Satuan Kerja, Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan melalui Tim Satuan Pelaksana (Sat Lak) PI menyelenggarakan Workshop SPI bagi pegawai BBPMSOH selama 3 hari dari tanggal 16 – 18 November 2020.
Workshop SPI diselenggarakan agar para pegawai dapat memahami dan mampu menerapkan sistem SPI yang mempunyai tujuan :

  1. Terwujudnya Sistem Pengendalian
  2. Pelaksanaan Kegiatan Organisasi Yang Efisien dan Efektif
  3. Kehandalan Laporan Keuangan
  4. Pengamanan Aset Negara
  5. Ketaatan pada perundang – undangan

Kegiatan Workshop juga dihadiri oleh Kepala BBPMSOH, PPK, Pokja Pengadaan Barang dan Jasa, Tim Sat Lak PI dan Plt. Sekretaris Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan yang sekaligus membuka acara ini. Dalam Sambutannya drh. Makmun, M.Sc (Plt Ses Dit PKH) menyampaikan bahwa ruh dari pelaksanaan SPI adalah Self Mastering (Pengendalian Diri), perubahan yang besar tidak akan terwujud jika masing masing dari diri kita tidak mampu merubah diri sendiri dahulu, mulai perubahan dari hal yang lebih kecil. Selain itu drh. Maidaswar, M.Si selaku Kepala BBPMSOH berpesan kepada seluruh peserta Workshop SPI bahwa raihan penghargaan SPI yang belum lama ini kita terima hendaknya menjadi penyemangat dan dapat menunjukkan karakter sebagai Unit Kerja yang mampu menerapkan SPI lebih baik. Untuk itu maka BBPMSOH perlu mengambil langkah yang handal melalui POAC yaitu :
Planning- Organizing – Actuating Controlling demi tercapainya 4 sasaran SPI di BBPMSOH.

Pada Kegiatan Workshop ini juga menghadirkan narasumber I Gusti Made Ngurah Kuswandana. MM sebagai Inspektur IV Inspektorat Jenderal Kementaerian Pertanian dan juga Tim Pembina SPI Itjen Kementan yang terdiri dari :

  1. Ir. Yuris Tyanto, MM (Auditor Ahli Madya )
  2. drh. Kunto Widyasmoro (Auditor Ahli Muda)
  3. Wiwit Wijayanti, SH (Auditor Ahli Pertama)

Pada paparan presentasinya I Gusti Ngurah K, menyampaikan materi terkait Implementasi SPIP Level 4 di Lingkup Kementerian Pertanian dan Sosialisasi Program Super Prioritas Desa Seribu Sapi (Denting Seribu) dimana Strategi Keberhasilan Program Super Prioritas melalui Digitalisasi Monitoring dan Mitigasi Risiko. Dalam kesempatan ini juga Yuris Tyanto menyampaikan paparannya terkait Sinergitas Pengembangan SPI Dengan Pembangunan WBK dan WBBM. Pada paparan materinya Yuris membawa tema perubahan akan penerapan SPI yang dikenal dengan New SPI SOF. Menurutnya SPI bukan hanya sekedar Smart – Speed Strict tetpai juga harus Sustainable. SPI baru harus Cerdas, Cepat, Ketat dan berkelanjutan.

Sistem Pengendalian Intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Keberhasilan penerapan SPI pada Sat Ker dapat dilihat melalui indikator :

  • Ketaatan peraturan yang ada, baik teknis maupun keuangan
  • Pelaksanaan kegiatan efektif mencapai sasaran dan bermanfaat sesuai tujuan
  • Anggaran yang digunakan efesien
  • Laporan keuangan WTP dan
  • Aset yang dikelola tercatat dengan tertib

Selain pemaparan oleh para narasumber, kegiatan Workshop juga diisi dengan Penyusunan SPI Kegiatan Utama BBPMSOH. Ketua Sat Lak PI drh. Cynthia Devi Irawati, MM membagi Tim SPI untuk menyusun rencana kegiatan utama dari masing masing tim yang terdiri dari :
Tim SPI Perencanaan, Tim bagian Umum, Tim SPI Pengujian dan Pengkajian Mutu Obat Hewan, Tim Pengadan Barang dan Jasa, Tim Pemantauan dan Ruminansia Potong (Rumpon).
Setiap Tim SPI mempresentasikan rencana kegiatannya dengan dieveluasi oleh Tim Pembina SPI Itjen Kementerian Pertanian.

Kegiatan Workshop SPI berjalan dengan lancar hingga selesai. Yuris Tyanto memberikan testimonI pada kegiatan yang dilaksanakan oleh BBPMSOH, bahwa kegiatan ini sangat bagus untuk memantapkan SPI yang ada di BBPMSOH. Kemudian menurutnya BBPMSOH merupakan salah satu unit kerja yang mengembangkan SPI secara mandiri, kedepannya beliau berharap agar SPI di BBPMSOH dapat berkelanjutan bukan hanya mampu meriah penghargaan saja sehingga tupoksinya berjalan dengan baik. “ Semoga SPI Tetap Jaya di BBPMSOH” ujar Yuris. (why)