BBPMSOH RAIH PREDIKAT UNIT KERJA ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI TINGKAT NASIONAL

Gunungsindur (20/12/2021), Berdasarkan Permenpan RB No 10 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menpan RB No 52 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah  yang dimaksud dengan Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi,

khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas  pelayanan publik dan Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi yang selanjutnya disingkat Menuju WBK adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit

kerja/kawasan yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi menyelenggarakan Penganugerahan Predikat Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi kepada Unit Kerja yang memenuhi persyaratan dan tahapan evaluasi. Unit Kerja yang telah mendapatkan Predikat Zona Integritas melewati 10 tahapan proses evaluasi Zona Integritas yang Andal, Transparan, Netral dan Akuntabel. Ada 558 Unit Kerja penerima Predikat ZI menuju WBK WBBM. Bebrapa kriteria Unit Kerja yang mendapatakan predikat ZI menuju WBK WBBM adalah :

1. Unit Kerja dengan Pelayanan Strategis

2. Pimpinan dan Jajarannya mempunyai komitmen kuat membangun WBK / WBBM

3. Telah melakukan berbagai perbaikan internal organisasi secara nyata, sistematis dan berkelanjutan

4. Memiliki orientasi pada peningkatan integritas dan kualitas pelayanan public

5. Dapat menjadi Role Model dalam menularkan semangat perbaikan tata kelola pada unit kerja pelayanan lainnya.

Berdasarkan hasil evaluasi dan penilaian dari Tim Menpan RB dan Survey Masyarakat, Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifkasi Obat Hewan Gunungsindur meraih Pengharagaan Predikat Zona Integritas menuju WBK – WBBM bersama 4 Unit Kerja lainnya dari Kementerian Pertanian. Setelah sebelumnya BBPMSOH juga telah meraih Penghargaan Unit Kerja Wilayah Bebas dari Korupsi pada tanggal 13 Desember 2021 di Kementerian Pertanian. Hal ini tentu sangat membanggakan dan menjadi penyemangat bagi seluruh jajaran dan pegawai BBPMSOH untuk senantiasa menerapkan pembangunan zona integritas di wilayah kerja BBPMSOH. Acara penganugerahan dilaksanakan melalui daring dan luring yang dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2021. Kepala BBPMSOH, Maidaswar beserta pimpinan lainnya menghadiri kegiatan tersebut melalui daring / online di ruang seminar.

Pembangunan Zona Integritas merupakan bagian dari Program Percepatan Reformasi Birokrasi yang telah ditetapkan dalam:

1. Grand Design Reformasi Birokrasi Nasional 2010-2025 (Perpres No 81 Tahun 2010

2. Road Map Reformasi Birokrasi 2020 – 2024 (Permenpan RB No 25 Tahun 2020)

3. Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Perpres No 54 Tahun 2018)

4. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional & Nawacita

Acara penganugerahan dihadiri oleh Menteri PAN RB Tjahyo Kumolo dan juga Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang hadir memberikan sambutan dan arahan secara daring. Acara ini mengambil tema : “Making Change , Making History”.

“Dipundak Pemimpin Yang Bebas dari Korupsi, Disitulah Masa Depan Negeri” – Najwa Shihab