JANGKA WAKTU PENGUJIAN

Tahap atau fase pengujian ini dimulai sejak diterimanya sampel obat hewan secara lengkap sampai diterbitkannya hasil uji (sertifikat atau surat pemberitahuan) dari BBPMSOH. Waktu yang diperlukan untuk tahap/fase pengujian ini adalah sebagai berikut :

1. Kelompok sediaan farmasetik dan premiks dengan kombinasi maksimum 2 (dua) jenis adalah maksimum selama 35 (tiga puluh lima) hari kerja. Setiap penambahan 1 (satu) jenis bahan aktif dalam suatu kombinasi, maka penambahan waktu pengujian maksimum sama dengan waktu uji yang digunakan untuk pengujian kombinasi 2 (dua) jenis.

2. Kelompok sediaan biologik (vaksin, antigen,antisera monovalen) adalah maksimum selama 75 (tujuh puluh lima) hari kerja, kecuali vaksin Coryza ditambah maksimum 10 (sepuluh) hari kerja dan vaksin Fowl Cholera ditambah maksimum 45 (empat puluh lima) hari kerja. Setiap penambahan satu jenis antigen dalam suatu kombinasi, maka penambahan waktu pengujian maksimum sama dengan waktu uji yang digunakan untuk pengujian monovalen.

3. Kelompok sediaan obat alami dan probiotik (dengan kombinasi maksimum 2 (dua) jenis bahan aktif) adalah maksimum 35 (tiga puluh lima) hari kerja. Setiap penambahan satu jenis bahan aktif dalam suatu kombinasi, maka penambahan waktu pengujian maksimum sama dengan waktu uji yang digunakan untuk pengujian kombinasi 2 jenis.

Sumber :
Peraturan Direktur Jenderal Peternakan No 02/Kpts/LB.450/F/03/06
Tentang : Prosedur Tetap Permohonan Pendaftaran Obat Hewan