Logo BBPMSOH
Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan
Logo BBPMSOH

Berita

Peringatan Hari Rabies Sedunia 2023 One For One - One Health For All

Tahukah kamu tentang penyakit Rabies ? Apa itu Rabies ? Rabies adalah penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia yang menyerang sistem saraf hingga dapat berakibat fatal pada kematian. Rabies disebabkan oleh virus rabies yang dapat ditularkan oleh Hewan Pembawa Rabies (HPR) seperti Anjing, Kucing, Musang, Kera dan Kelelawar. Cara penularan Rabies ditularkan melalui gigitan hewan penular rabies (HPR) yang tertular rabies, terkena cakaran HPR yang tertular rabies, membran mukosa atau luka terbuka yang terkena liur HPR yang tertular rabies

 

World Rabies Day (WRD) atau Hari Rabies Sedunia diperingati setiap tanggal 28 September. Hari Peringatan World Rabies Day ini merupakan sebuah momentum yang baik untuk mengingatkan lagi kesadaran masyakarat terhadap penyakit Rabies itu adalah penyakit yang mematikan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan dan Mitra Pembangunan (AIHSP, FAO).



Puncak peringatan Hari Rabies Sedunia dilaksanakan di Bandung pada tanggal 7 Oktober di Gedung Sate. Puncak peringatan diisi dengan beberapa kegiatan dengan acara utama yaitu Penyerahan Rekor MURI Vaksinasi Rabies Serentak Nasional. Acara puncak ini juga dihadiri oleh perwakilan dari BBPMSOH yang dihadiri oleh Plt. Ka BBPMSOH, Kabag Umum Cynthia Devy Irawati dan Tim WRD BBPMSOH Ketut Karuni N Natih



Dalam rangka memeriahkan Puncak Peringatan WRD Tahun 2023 ini, BBPMSOH juga turut melaksanakan kegiatan Vaksinasi Rabies yang dilaksanakan di beberapa Shelter yang berada di wilayah Gunungsindur dan sekitarnya. Sementara itu sebelumnya BBPMSOH juga telah melaksanakan program edukasi ke siswa sekolah dasar di SDN 02 Gunugsindur, SDIT Darul Quran dan SDN Puspiptek Tangsel.

Pelaksanaan vaksinasi rabies dilakukan secara serentak oleh Tim WRD yang dipimpin oleh Harisakti Pancasunu. Selain di beberapa shelter yang telah ditentukan, vaksinasi juga dilakukan di BBPMSOH. Berikut ini data Vaksinasi yang telah diambil.

 

Data Vaksinasi Rabies Tim WRD BBPMSOH :

1. Shelter Rainbow Sanctuary Indonesia

Total Jumlah Hewan : 100 ekor

(3 monyet, 2 kucing, 95 anjing)

Jumlah Dosis : 100 dosis

 


2. Shelter : Melati

Total jumlah Hewan : 95 (95 anjing) ekor

Jumlah Dosis : 95 dosis

 

3. Shelter : Sally Blossom

Total Jumlah Hewan : 44 (7 anjing, 37 kucing) ekor

Jumlah Dosis : 44 dosis


 

4. Rumah Kucing Parung

Total Jumlah hewan: 149 (148 kucing + 1 monyet) ekor

Jumlah Dosis: 149 dosis

 

5. Klinik Leo dan Masyarakat Umum

    Total Jumlah hewan: 100 (13 anjing, 87 kucing) ekor

 

6. Kantor BBPMSOH

Total jumlah hewan: 143

(23 anjing. 120 kucing) ekor

Jumlah dosis: 143 dosis



 

Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan Vaksinasi Rabies ini, semakin dapat mendekatkan target Indonesia Bebas Rabies Tahun 2030. All For 1 – One Health For All (Semua untuk Satu – One Health untuk Semua)