Logo BBPMSOH
Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan
Logo BBPMSOH

Berita

Kunjugan AIHSP ke BBPMSOH Terkait Pengujian Vaksin PMK

Bogor (3/02/2023)- Pada hari Selasa tanggal 31 Januari 2023, Kepala BBPMSOH Dr. drh. Kresno Suharto, MP bersama Tim menerima kunjungan Dr. Jeff Hammond dari Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) di Ruang Rapat (AWR)

Dalam pertemuan tersebut didiskusikan mengenai pengujian Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk menghasilkan vaksin PMK yang berkualitas baik. Maka dari itu Pirbright Institute melalui AIHSP akan memfasilitasi beberapa hal diantaranya :

1. Memberikan Technical Support untuk kegiatan Virus Neutralisasi Test (VNT) dan Pengujian Liquid Phase Blocking ELISA (LPBE) meliputi Technical Advice dan pelatihan personal oleh Pirbright Institute.

2. Melakukan uji profisiensi menggunakan serum lapang sehingga hasil uji BBPMSOH bisa setara dan diakui oleh standar internasional.  Kegiatan ini difasilitasi oleh Lab Pirbright Institute dengan cara mengirimkan serum lapang pasca vaksinasi.

3. BBPMSOH harus bisa menguji dengan baik serum lapang pv terutama serum pv milik Pusat Veteriner Farma Surabaya (Pusvetma). Pengujian menggunakan Serum Neutralisasi Test (SNT) Lebih baik pada hari ke 14 dan ke 30 setelah vaksinasi  pertama dan kedua terutama untuk produk dari Pusvetma.

4. Penyediaan sapi bebas NSP yang cukup sulit sebaiknya difasilitasi oleh Kementerian Pertanian terutama apabila akan menggunakan sapi impor dari Australia.

5. Sebagai salah satu alternatif bisa digunakan hewan coba yi marmot sebagai pengganti hewan target yg sulit ditemukan bebas NSP.

Setelah pertemuan ini, rapat dilanjutkan di Pusat Veteriner Farma Surabaya pada tanggal 1 Februari 2023