Logo BBPMSOH
Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan
Logo BBPMSOH

Berita

Rabies : One Health Zero Deaths

Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day/WRD) adalah sebuah kampanye global yang diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 28 September.  Peringatan WRD bertujuan  untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan pengendalian penyakit rabies, mengingat penyakit rabies adalah penyakit yang bersifat zoonotic dan mematikan.

Kegiatan WRD ini berlangsung  di seluruh dunia dengan tujuan akhir untuk membasmi penyakit rabies secara global pada tahun 2030. Secara umum, pelaksanaan WRD dilakukan dengan sosialiasi kepada masyarakat dan vaksinasi rabies terhadap hewan, terutama anjing. Walaupun tujuan penyelenggaraannya sama, WRD mempunyai tema yang berbeda setiap tahun. Tema yang dipilih tahun 2022 adalah  Rabies: One Health, Zero Deaths.



Kegiatan WRD di Indonesia diselenggarakan oleh dokter hewan dan organisasi profesinya, instansi pemerintah, sekolah dan perguruan tinggi, komunitas pencinta hewan, maupun organisasi nonprofit. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi sosialisasi serta pemeriksaan kesehatan hewan pemberian vaksinasi rabies secara gratis.

Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan nomor: 12014/TU.020/F4/09/2022, tanggal 12 September 2022, perihal Surat Edaran Peringatan Hari Rabies se Dunia (World Rabies Day/WRD) 28 September 2022,  Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan (BBPMSOH)  mengadakan kegiatan vaksinasi rabies pada hewan secara masal untuk turut serta dalam mewujudkan rabies dititik nol tahun 2030.