Logo BBPMSOH
Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan
Logo BBPMSOH

Berita

Koordinasi PPID dan Kehumasan Lingkup Dit Jen PKH

Bogor (05/06/2024),- Pada tanggal 3–4 Juni 2024 bertempat di Aston Priority Simatupang dilaksanakan kegiatan Koordinasi PPID dan Kehumasan Lingkup Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dit Jen PKH), Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan pemeringkatan PPID yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Pertaniandan dibuka oleh Sekretaris Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ses Dit PKH).

Dalam acara yang dihadiri oleh para petugas PPID dan Kehumasan Lingkup Dit Jen PKH ini, Makmun selaku Ses Dit PKH memberikan arahan agar seluruh Unit Kerja dan Unit Pelayanan Teknis dapat meningkatkan level keterbukaan informasi publik menjadi lebih baik lagi. Pada kesempatan ini juga Boga Andri selaku Kepala Biro Humas dan Infromasi Publik Kementerian Pertanian dalam sambutannya menyampaikan bahwa PPID dan Kehumasan dapat mengambil langkah stategis dalam mendesiminasi informasi kinerja Kementerian Pertanian yang berfokus pada narasi tunggal yaitu : peningkatan produksi pertanian nasional, modernisasi sarana dan prasarana pertanian serta regenerasi dan peningkatan kesejahteraan petani serta percepatan dan kemudahan akses informasi pertanian.

Penyampaian materi disampaikan oleh beberapa narasumber diantaranya dari Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat, Tim PPID Kementerian Pertanian, Tenaga Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Tim Pemgembang Website Dit Jen PKH. Tya Tirtasari selaku Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat dalam paparannya bahwa jenis informasi dalam UU KIP terbagi menjadi 4 jenis yaitu Informasi Berkala, Informasi Setiap Saat, Informasi Yang Dikecualikan dan Informasi Serta Merta. Bagi unit kerja yang memiliki informasi yang dikecualikan maka harus mengajukan uji konsekuensi terhadap informasi yang dikecualikan tersebut.

Kementerian Pertanian sebagai sumber informasi dalam perannya untuk memimpin isu pertanian hendaknya memperhatikan faktor faktor diantaranya : Khalayak (Target Informasi), Media yang akan digunakan, Pesan yang akan disampaikan dan komunikator, hal ini disampaikan oleh Imam sebagai Tenaga Ahli Menteri Bidang Komunikasi.

Selain pemaparan materi oleh para narasumber, acara ini juga diisi dengan sesi evaluasi dan monitoring pengelolaan informasi publik pada lingkup UPT Dit Jen PKH. Masing masing UK dan UPT dilakukan evaluasi terhadap hasil Self Assesment Quoisiner tahun 2023 yang dibimbing langsung oleh Tim PPID Kementerian Pertanian. Pada sesi terakhir dilakukan penyampaian rencana pengembangan website UK UPT Lingkup Dit Jen PKH dan Integrasi Website yang dismapiakn oleh Tim Pengembang. Pengembangan website ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan informasi melalui website selain untuk penyegaran dan keseragaman.

 

Dari acara ini diharapkan seluruh UK UPT Lingkup Dit Jen PKH dapat mengetahui kekurangan kekurangan yang masih terdapat dalam pengelolaan informasi publik sehingga dapat meningkatkan nilai dan level dalam pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik berikutnya.