Logo BBPMSOH
Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan
Logo BBPMSOH

Berita

BBPMSOH Selenggarakan Forum Konsultasi Layanan Publik Tahun 2023

Bogor (5/07/2023),- Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan pada tanggal 5 Juli 2023 meyelenggarakan Kegiatan Forum Konsultasi Layanan Publik (FKLP) yang bertempat di ruang AWR.  Acara ini dihadiri oleh Perusahaan Obat Hewan, Praktisi, Akademisi dan Dinas Provinsi, Kabupaten / Kota yang membidangi kesehatan hewan. Acara dibuka oleh Kresno Suharto selaku Kepala BBPMSOH. Tujuan dari Forum Konsultasi Layanan Publik ini adalah untuk mendapatkan masukan dan saran dari pihak terkait sebagai bahan pertimbangan penyusunan standar pelayanan public di BBPMSOH.

 

Sebagaimana yang telah diatur dalam Undang Undang No 25 Tahun 2009, setiap Badan Publik wajib memberikan Pelayanan Publik kepada masyarakat. Dalam Ketentuan Umum pada BAB I Pasal 1 disebutkan bahwa yang dimaksud Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundangundangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.


Pada sambutan pembukaanya Kresno Suharto menyampaikan bahwa BBPMSOH haruslah memliki standar pelayanan yang memenuhi syarat. Syarat standar pelayanan sendiri disampaikan Kabalai diantaranya murah, partisipatif / menerima masukan dari pihak lain, akuntabel / dapat dipertanggung jawabkan, terus menerus / artinya untuk peningkatan kualitas, transparasi / yang dapat di akses oleh pihak luar. Disampaikan juga bahwa pelayanan BBPMSOH harus cepat, utamanya fokus pada jangka waktu pengujian. Dalam perhitungan lama pengujian dihitung ketika sampel dari pelanggan di terima BBPMSOH, artinya perhitungan lama pengujian bukan dari waktu pendaftaran di aplikasi atau administrasi, namun ketika sampel masuk dan diterima oleh di BBPMSOH. 

Acara FLKP ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom yang dihadiri lebih dari 130 peserta. Hadir juga perwakilan dari Direktorat Kesehatan Hewan, Ni Made Ria yang mewakili Direktur Kesehatan Hewan. Pada acara ini disampaikan paparan terkait Layanan Pengujian Mutu Obat Hewan oleh M.  Syaefurrosad selaku Subkoordinator Sampel dan juga Lama Pengujian dari jenis pengujian yang disampaikan oleh Ketut Karuni Natih selaku Plt. Koordinator Pelayanan Sertifikasi dan Pengembangan Mutu dan Kerjasama (PSPMK). Pada sesi diskusi dan tanya jawab peserta FLKP Bambang perwakilan dari PT Medion memberikan masukan terkait kesediaan bahan uji untuk sampel yang bersifat regular. Dari peserta lain juga menanyakan terkait Farmakope Obat Hewan Indonesia (FOHI) dan untuk FOHI BBPMSOH telah menyediakan ebook FOHI Biologik 2018 dan FOHI Farmasetik 2022 telah tersedia di repository Kementan. 

Dengan dilaksanakannya Kegaiatn FLKP ini diharapkan BBPMSOH dapat menyusun standar pelayanan publik yang lebih baik lagi khususnya terkait pelayanan pengujian mutu dan sertifikasi obat hewan