Logo BBPMSOH
Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan
Logo BBPMSOH

Berita

Serah Terima Jabatan Kepala BBPMSOH & Pelantikan Jabatan Fungsional Lingkup Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan

Bogor (9/02/2023) – Bertempat di Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan (BBPMSOH) Gunungsindur pada hari Kamis tanggal 9 Februari 2023 telah dilaksanakan Serah Terima Jabatan Kepala BBPMSOH dan Pelantikan Jabatan Fungsional Lingkup Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan yang juga dilaksanakan secara daring melalui Zoom. Berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 921/Kpts/Kp.230/M/12/2022 tanggal 22 Desember 2022 tentang Pemberhentian, Pemindahan dan Pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Kementerian Pertanian dan telah dilantik oleh Menteri Pertanian pada hari Jumat, tanggal 13 Januari 2023.

 Jabatan Kepala BBPMSOH diserah terimakan dari Kepala BBPMSOH sebelumnya drh. Maidaswar, M.Si kepada Dr. drh Kresno Suharto, MP. Acara Serah Terima Jabatan dan Pelantikan Jabatan Fungsional ini dihadiri Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc dan Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Makmun, M.Sc dan Direktur Pakan drh. Nur Saptahidayat.

Selain serah terima jabatan Kepala BBPMSOH, juga dilaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional Lingkup Dit Jen PKH, berikut adalah nama pejabat fungsional yang dilantik dan diambil sumpahnya :

1. Anny Rosmayanti,S.Pt (Pengawas Bibit Ternak Ahli Madya di BET Cipelang)

2. Harry Cakra Mahendra,S.Pt,M.Si (Pengawas Bibit Ternak Ahli Madya di Direktorat Perbibitan dan Produksi)

3. Maria Flora Butar Butar,S.Pt (Pengawas Bibit Ternak Ahli Madya di Direktorat Perbibitan dan Produksi)

4. Muhammad Imron Fuadi,S.Pt,M.P (Analis Pasar Hasil Pertanian Ahli Madya di Direktorat PPHNak)

5. Jumaryoto,M.Sc (Medik Veteriner Ahli Madya di BBIB Singosari)

6. Siwi Setyowati,A.Md (Analis Kepegawaian Mahir di BBIB Singosari)

7. Firmansyah Budiyanto, S.Pt (Pengawas Bibit Ternak Ahli Madya di BPTUH Sembawa)

 Dalam sambutan dan arahannya, Direktur Jenderal Peternakan dan Keshatan Hewan menyampaikan :

Perubahan pimpinan organisasi suatu yg biasa , karena tuntutan kebutuhan, bagi yg menduduki jabatan struktural dapat mengabdikan dirinya untuk meningkatkan kinerja unit kerjanya, bagi yg pejabat fungsional juga dapat mengabdikan dirinya untuk meningkatkan kinerja organisasi unit kerjanya dengan jalur fungsional, semua memiliki peran masing masing. Saya berpesan untuk kepala balai yg baru dilantik agar segera melakukan konsolidasi dalam rangka pencapaian kinerja balai, sedangkan bagi pejabat fungsional agar melahirkan konsep dan ide-ide yang cemerlang untuk dapat dimanfaatkan unit kerja masing masing dalam rangka membangun pembangunan peternakan dan kesehatan hewan


BBPMSOH melalui kegiatan monitoring pascavaksinasi vaksin PMK pada 5084 sampel serum di 24 provinsi menunjukkan bahwa lebih dari 90% hewan target (sapi) yang divaksin PMK memberikan respon pembentukan antibodi (positif) terhadap virus PMK. Bahkan ada 19 dari 66 kabupaten/kota (28,80%) yang diperoleh serumnya menunjukkan 100% terbentuknya antibodi terhadap virus PMK. BBPMSOH sebagai patner sequencing pengujian karakterisasi virus PMK melakukan pengujian karakterisasi virus PMK yang hasilnya menunjukkan bahwa virus PMK di Indonesia identik atau positif virus PMK serotipe O dan analisis topotype O/ME-SA/Ind-2001e.

Setelah pelaksanaan Serah Terima dan Pelantikan selesai dilanjutkan ramah tamah dan pemberian selamat kepada pejabat fungsional yang dilantik. Selain itu Sekretaris Direktorat PKH juga berkesempatan mengunjungi Unit Uji (Laboratorium) yang ada di BBPMSOH didampingi oleh Kepala BBPMSOH yang baru. Semoga dengan kepemimpinan yang baru ini BBPMSOH dapat lebih maju dan lebih baik dari sebelumnya. (why)