Logo BBPMSOH
Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan
Logo BBPMSOH

Berita

Mewujudkan Orkestrasi Kehumasan Lingkup Dit Jen PKH

Bogor (15122023), Pada tanggal 15 Desember 2023 bertempat di IPB ICC Botani Square Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dit Jen PKH) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kehumasan Lingkup Dit Jen PKH. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk dapat menyatukan langkah, menyamakan visi dalam mewujudkan orkestrasi kehumasan Kementerian Pertanian khususnya lingkup Dit Jen PKH.
Dalam membangun Narasi Tunggal sebagai Langkah Bersama Menuju Satu Suara Kementan maka diperlukan gerak irama yang teratur. Suara Kementan sebagai upaya narasi bersama orkestrasi komunikasi publik Kementerian Pertanian yang dikelola Biro Humas dan Informasi Publik untuk meraih citra positif lembaga di mata masyarakat.


Dalam 20 Top Isu Pertanian dengan ekspose terbanyak, isu Ketahanan Pangan dan Pencegahan dan Penanggulangan PMK menjadi 2 isu teratas. Maka dari itu sangat perlu diupayakan langkah strategis dalam upaya memberikan informasi kepada masyarakat dengan cara yang tepat.
Menurut staf khusus ahli Mentri Pertanian diperlukan pengelolaan Big Data yang baik dimana Data akan menjadi Informasi lalu menjadi pengetahuan dan akhirnya menghasilkan wisdom.
Selain itu rakor juga diisi dengan pemaparan mengenai pengelolaan siaran pers dan medsos serta strategi pelaksanaan pameran yang baik.


Adapun rekomendasi kehumasan yang perlu diterapkan adalah dengan memaksimalkan potensi keberadaan penyuluh dan media sosial sebagai saluran informasi pertanian, serta penyamaan persepsi dan kemampuan Pranata Kehumasan.
Pada sesi diskusi dan tanya jawab, para peserta banyak memberikan saran dan masukan kepada Kehumasan Kementerian Pertanian, salah satu nya dengan pemanfaatan inovasi media sosial Channel WA dimana masyarakat dapat mengakses informasi pertanian semudah membuka pesan di aplikasi WA. (why)