Logo BBPMSOH
Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan
Logo BBPMSOH

Berita

Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Peternak Tahun 2023

Bogor, Pada tanggal 16 – 18 Maret 2023, Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan (BBPMSOH) mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Peternak Tahun 2023 di wilayah di Kecamatan Caringin dan Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor yang bertempat di Hotel Grand Orri dan Grand Pesona. Kegiatan tersebut di hadiri oleh :
Dr. drh. Kresno Suharto, M.P, selaku Kepala BBPMSOH
Ravindra Airlangga, MS, selaku Anggota Komisi IV DPR RI
Wawan Hikal Kurdi, selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor
Fatwi Zandos, SPT, M.Si, selaku Plt. Kepala UPT Perbibitan Ternak Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor
drh. Prihatini Mulyawati, MM, selaku Plt. Bidang Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor
Maulana Iskandar sebagai narasumber dan salah satu peternak sukses ketua Asosiasi Nasional Susu Kambing.


Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) ini berlangsung selama 3 hari dan diikuti oleh sebagian besar kelompok peternak lokal. Acara dibuka oleh Dr. drh. Kresno Suharto, M.P yang sekaligus memberikan paparan tentang peran Kementerian Pertanian khususnya tugas dan fungsi BBPMSOH dan juga mendukung peternak lokal agar mampu tumbuh, berkembamg dan bersaing.
Dilanjutkan oleh paparan Fatwi Zandos, SPT, M.Si dan drh. Prihatini Mulyawati, MM dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor tentang peran UPT Dinas terhadap peternak lokal, salah satunya sebagai fasilitator dan di tutup oleh paparan dari Wawan Hikal Kurdi dan Ravindra Airlangga, MS.


Dalam bimtek, ini disampaikan oleh narasumber / Pakar Maulana Iskandar bahwa peluang usaha peternakan sangat terbuka luas dan mampu bertahan dan berkelanjutan di berbagai kondisi sektor ekonomi, dicontohkan ketika pandemi covid usaha pertanian dan peternakan mampu bertahan, Maulana Iskandar juga secara langsung memberikan tips pelatihan dan panduan teknis usaha ternak, mulai dari pembibitan, perawatan dan menjaga pakan yang baik sehingga menjaga kualitas ternak.
Usai paparan dan materi yang diberikan kegiatan Bimtek dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab langsung oleh peserta kepada narasumber, diskusi pun berjalan dengan menarik dikarenakan antusias dan ketertarikan peserta terhadap kegiatan dan usaha peternakan.