Logo BBPMSOH
Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan
Logo BBPMSOH

Berita

Sosialisasi Survei Penilaian Integritas KPK Lingkup Dit Jen PKH

Rabu tanggal 19 Juni 2024 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dit Jen PKH) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Survei Penilaian Integritas (SPI) KPK yang dilaksanakan secara Luring dan Daring. Kegiatan ini merupakan bagian dari Rencana Aksi Kementerian Pertanian khususnya Dit Jen PKH dalam rangka meningkatkan nilai SPI agar menjadi Hijau atau Terjaga. 

Acara dihadiri oleh seluruh ASN Lingkup Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan dari seluruh wilayah di Indonesia. Hadir pada acara tersebut Sekretaris Jenderal Dit Jen PKH, Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Para Kepala Unit Kerja dan Unit Pelaksana Teknis serta Narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Dalam arahannya mewakili Dir Jen PKH, Makmun selaku Ses Dit PKH menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini sangatlah penting sehingga harus dapat dipastikan tersampaikan keoada seluruh pegawai dan memahaminya. Setiap UK/UPT hendaknya membuat Tim Kerja Anti Korupsi dan SPIP dapat diimplementasikan oleh masing masing pegawai. 

Pada kesempatan ini Kepala BBPMSOH hadir secara langsung di lokasi kegiatan dan pegawai BBPMSOH ikut mengahdiri melalui zoom dari kantor BBPMSOH. Dalam pemaparan materi oleh narasumber KPK, Chrisna Aditama disampaikan bahwa SPI dilakukan dengan tujuan meningkatkan kesadaran risiko korupsi dan perbaikan sistem anti korupsi. Penilaian yang akan dilakukan berdasarkan pada :

1. Penilaian Internal : Pegawai instansi yang dipilih secara random (Bobot 30,5%)

2. Penilaian Eksternal : Responden komponen external yang pernah berhubungan dengan instansi (Bobot 32,8%)

3. Penilaian Eksper : Individu yang dipandang memiliki pengetahuan tentang kondisi instansi (Bobot 36,7%)

4. Faktor Koreksi : Pengurang dari skor penilaian internal, eksternal dan Eksper. 

Selain pemaparan dari para narasumber, acara diakhiri dengan diskusi dengan para peserta sosialisasi. Sedangkan di BBPMSOH, acara diakhiri dengan penandatanganan Komitmen Integritas oleh seluruh pegawai BBPMSOH. Semoga dengan dilaksanakannya sosialisasi ini dapat lebih meningkatkan pemahaman pegawai lingkup Dit Jen PKH tentang Penilaian Integritas sehingga dapat meningkatkan hasil yang lebih baik lagi bagi Kementerian Pertanain.