Logo BBPMSOH
Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan
Logo BBPMSOH

Berita

Peningkatan Kapasitas SDM

Sebuah organisasi yang baik adalah organisasi yang menjalankan sistem manajemen organisasi yang didukung dengan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang baik. Untuk itu maka diperlukan kompetensi SDM yang mempunyai karakter unggul. Dalam instansi pemerintahan, SDM adalah para Aparatur Sipil Negara yang mempunyai tanggung jawab dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam hal ini untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat. Dalam tugasnya melakukan pelayanan kepada masyarakat maka ASN perlu diberikan pelatihan dan peningkatan komptensi / kapasitas SDM. Salah satu metode dalam meningkatkan kapasitas SDM adalah dengan penyelenggaraan peningkatan kapasitas SDM melaui kegiatan Out Bond. Pada kegiatan Out Bond seluruh peserta akan diberikan pelatihan untuk dapat meningkatkan kerjasama, membangun komunikasi yang baik serta kekompakan melalui simulasi simulasi permainan dari yang sifatnya Low Impact sampai High Impact. Tentunya kegiatan ini dirancang dalam bingkai untuk mendukung dan mewujudkan ASN yang BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal. Adaptif dan Kolaboratif).


Tujuan dari kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM ini adalah :

  1. Meningkatkan semangat perubahan diri yang lebih baik (Personal Change Management ) pegawai BBPMSOH yang Agile dan Adaptif dengan penerapan Budaya kerja KKPID dan Ber-AKHLAK dalam keseharian tugas
  2. Membangun kegembiraan bersama dan menciptakan pencairan suasana ( Ice breaking ) dan harmonisasi antar pegawai BBPMSOH ( GATHERING )
  3. Kesiapan menghadapi tantangan dan penyelesaian masalah dalam bekerja secara bersama
  4. Membangun komunikasi dan tingkat kepercayaan diantara sesama peserta sehingga terbangun koordinasi yg baik antar bagian menghasilkan kualitas kerjasama yang lebih baik
  5. Membangun jiwa kerjasama dan berbagi bersama dalam mencapai tujuan bersama (teamwork).


Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM (Out Bond) ini dilaksanakan selama 2 hari di Lembang, Bandung Jawa – Barat. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala BBPMSOH, Kepala Bagian Umum, Koordinator, Subkoordinator dan pegawai BBPMSOH dengan jumlah peserta sebanyak 84 Peserta. Kegiatan dimulai dari Tanggal 27 sampai dengan 28 Mei 2022.


Pada hari pertama di lokasi Perhutani Cikole, kegiatan Out Bond dibuka dengan sambutan dari Kepala Bagian Umum dan Kepala BBPMSOH. Selain itu juga diperkenalkan kepada peserta Tim Trutsco yang akan mendampingi selama kegiatan berlangsung. Selain itu pada acara pembukaan juga dilakukan Grouping kepada seluruh peserta yang dibagi dalam 6 Kelompok yaitu Kelompok Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Di Hai pertama ini para peserta langsung melaksanakan kegiatan Off Road. Dalam kegiatan Off Road ini para peserta diharapkan dapat melewati rute perjalanan Off Road yang cukup menantang sambil menikmati pemandangan alam Hutan Pinus Perhutani dan Kebun Teh. Disela perjalanan Off Road para peserta tidak lupa untuk juga tetap melaksanakan ibadah sholat jumat dan sholat ashar, hal ini menunjukan bahwa para peserta tetap melaksanakan kewajibannya walaupun sedang melaksanakan “perjalanan tugas”.

Kegiatan selanjutnya adalah pembekalan materi yang diberikan oleh Tim Trutsco di dalam ruang Aula yang sebelumnya juga diawali dengan sholat Maghrib dan sholat Isya berjamaah serta Kultum. Paara peserta diberikan materi tentang bagaimana membangun Dream Work dengan 3 Point Share , Care dan Aware. Materi yang diberikan diantaranya terkait Kualitas SDM, Soliditas Organisasi dan Budaya Kerja (KKPID dan Ber-AKHLAK). Selain itu peserta juga diberikan kesempatan untuk menuliskan “Pesan Cinta” kepada teman kerja dalam satu kelompok. Hal ini bertujuan untuk dapat saling keterbukaan dalam rangka mewujudkan tim kerja yang solid dan harmonis.


Kegiatan dilanjutkan pada pagi hari mulai pukul 06.00 WIB dengan melakukan senam ringan dan juga beberapa permainan yang menyenangkan. Permainan yang dilaksanakan dirancang agar para peserta dapat melatih Fokus dan fleksibel dalam menerima penugasan dan juga dapat beradaptasi dengan lingkungan dan kendala yang ada. Setelah acara tersebut para peserta diberi kesempatan untuk sarapan pagi dan dilanjutkan dengan permainan / games kelompok. Permainan kelompok ini diikuti oleh seluruh kelompok dengan penilaian dari tim Trutsco. Permanian yang dilaksanakan diantaranya :

  1. Magic Stick
  2. Rollet Games / Number Games
  3. Maze Games

Pada permainan ini dibutuhkan kerjasama tim yang baik, fokus dan kekompakan diantara anggota kelompok. Tim Trutsco memberikan penilaian pada setiap games yang dilaksanakan dan diakumulasikan sehingga akan ada pemenang kelompok dari permainan ini. Semua permainan dilakukan dengan Fun dan penuh semangat dinatara kelompok.

Kegiatan Out Bond ditutup dengan testimoni dari Kabag Umum dan Koordinator serta arahan dari Kepala BBPMSOH juga pesan dan kesan dari peserta Out Bond yang diwakili oleh Dodo Hermawan. Semoga semua nilai nilai positif yang didapat dari kegiatan out bond ini dapat diimplemetasikan kedalam pekerjaan tugas sehari hari di kantor sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat. (why)