Logo BBPMSOH
Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan
Logo BBPMSOH

Berita

Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Peternak Provinsi Banten

Serang (29-31/03/2023), Bertempat di Hotel Puri Kayana Serang - Banten, Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan (BBPMSOH) melakukan pendampingan Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Peternak kepada para peternak lingkup kota dan kabupaten Serang Provinsi Banten.

Kegiatan yg dilaksanakan selama tiga hari ini merupakan kegiatan kolaborasi antara Legislatif dan Eksekutif dalam rangka meningkatkan kapasitas petenak. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Komisi IV Hj. Nuraeni, S.Sos, M.Si dengan menggandeng Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dit Jen PKH) melalui BBPMSOH telah mengupayakan dan bersinergi dengan Kementerian Pertanian dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

Bimtek Peningkatan Kapasitas Peternak ini menghadirkan para narasumber dan praktisi yang berkompeten di bidang peternakan. Hadir dalam pembukaan acara ini diantaranya :

1. Hj. Nuraeni, S.Sos, M.Si (Anggota DPR RI Komisi IV)

2. Dr. drh. Kresno Suharto, MP (Kepala BBPMSOH)

3. Narasumber Dinas Pertanian Provinsi Banten

4. Narasumber Dinas Pertanian Kota / Kabupaten Serang

5. Praktisi Peternakan.

Dalam sambutannya Nuraeni menyampaikan agar para peternak senantiasa meningkatkan kapasitas dan pengetahuannya. Dengan meningkatkan keahlian dan disertai kemauan serta komitmen dan usaha yang keras maka kesuksesan akan dapat diraih tanpa mengenal batas umur.

Begitupun dengan Kepala BBPMSOH dalam sambutan pembukaannya menyampaikan apresiasinya kepada Hj Nuraeni yg telah mengupayakan terselenggaranya kegiatan ini, selain itu beliau juga memperkenalkan tugas dan fungsi BBPMSOH sebagai UPT yang melakukan Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan di Indonesia. Para peternak diharapkan dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik baiknya.

Subsektor peternakan merupakan subsektor yang sangat menjanjikan terbukti pada masa pandemi Covid19. Pertanian dan peternakan mampu bertahan dikala sektor perekonomian yang lain menurun. Peternakan sangat perlu didukung dengan pengembangan teknologi sehingga dapat terus berkembang sesuai kebutuhan. 

Bimtek yang dilaksanakan selama 3 hari ini melibatkan 5 Angkatan selama pelaksanaannya dengan jumlah peserta sebanyak 75 orang pada setiap angkatannya. Selain pemberian materi, acara Bimtek juga diisi dengan tanya jawab dan diskusi dari peserta kepada narasumber. Beberapa Praktisi Peternakan yang dihadirkan pada acara Bimtek ini adalah :

1. Drs. Jerry A Yakhriana – “Cerita Sukses Pengelolaan Ternak Sapi (Susu)”

2. Anani Syarif – “Cerita Sukses Pengelolaan Peternakan Ayam dan Kerbau”

3. Bangun Wibowo – “Cerita Sukses Pengelolaan Ternak Domba / Kambing Jawara Farm, Baros”

 Selain itu para peserta Bimtek juga mendapatakan materi pelatihan dari para narasumber, diantaranya :

- Biosecurity Pada Peternakan  dan Juga Dukungan Pemerintah Daerah Terhadap Pengembangan Ternak di Provinsi Banten.

- Dukungan Kabupaten Serang Terhadap Pengembangan Ternak


Selain dari para Narasumber Dinas Pertanian Provinsi dan Kota / Kabuptaen Serang, beberapa hal penting juga turut disampaikan oleh Nuraeni selaku Anggota Komisi IV DPR RI. Nuraeni menjelaskan bahwa Bimtek ini bertujiuan untuk lebih memberdayakan SDM peternak di wilayah Provinsi Banten, diharapkan dari Bimtek ini para peternak dapat lebih meningkatkan nilai ekonomi dan produksi yang lebih baik. (why)